Assalamualaikum wr.wb

Rabu, 13 November 2013

BAB XI Peranan Koperasi


Bab XI
Peranan Koperasi
Peranan Koperasi dalam berbagai bentuk pasar  berdasarkan sifat dan bentuknya, pasar diklasifikasikan menjadi 2 macam   :
1. Pasar dengan persaingan sempurna (perfect competitive market).
2. Pasar dengan persaingan tak sempurna (imperfect competitive market) , yaitu :Monopoli, Persaingan Monopolistik (monopolistik competition), dan Oligopoli 

1.Pasar Persaingan Sempurna
    Pasar persaingan sempurna merupakan struktur pasar yang paling ideal karena dianggap sistem pasar ini adalah struktur pasar yang akan menjamin terwujudnya kegiatan memproduksi barag atau jasa yang tinggi (optimal)efisiensiya. Pasar persaingan semurna dapat didefinisikan sebagai struktur pasar atau industri terdapat banyak penjual dan pembeli.
Ciri –ciri pasar persaingan sempurna :
a.  Setiap perusahaan adalah “pengambil harga”
b. Setiap perusahaan mudah keluar atau masuk
c.  Setiap perusahaan menghasilkan barang yang sama
d. Banyak perusahaan dalam pasar
e. Pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna tentang keadaan dipasar
Beberapa kelemahan/keburukan persaingan sempurna yaitu :
·               Persaingan sempurna tidak mendorong inovasi
·               Persaingan sempurna adakalanya menimbulkan biaya sosial
·               Membatasi pilihan konsumen
·               Biaya produksi dalam persaingan sempurna mungkin lebih tinggi
·               Distribusi pendapatan tidak selalu merata
Permintaan dan Hasil Jualan :
Dalam menganalisis usaha sesuatu perusahaan untuk memaksimumkan keuntungan , dua hal harus diperhatikan :
·   Biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan
·   Hasil penjualan dari barang yang dihasilkan perusahaan itu

2.Pasar Monopolistik
Persaingan monopolistik terdapat bila dalam suatu pasar ada banyak produsen,tetapi ada unsur-unsur deferensiasi produk (perbedaan , merek, bungkus,dsb)diantara produk-produk yang dihasilkan oleh masing-masing produsen.
Ciri-ciri Pasar Monopolistik :
a.      terdapat banyak perusahaan didalam pasar maka pasar persaingan monopolistis mempunyai ukuran yang relatif sama.
b.     Barang produksinya bersifat berbeda corak
c.      Perusahaan mempunyai sedikit kekuatan dalam menentukan dan mempengaruhi harga.
d.     Pemasukkan kedalam industri relatuf mudah.
Keseimbangan Monopolistis :
a.        Kurve permintaan menurun
b.        Posisi keseimbangan bila MR= MC
c.        Karena bebas memperoleh keutungan,maka dalam jangka panjang kurve permintaan D bersinggug dengan kurve average cost (AC)
*Equilibrium perusahan dalam jangka pendek dengan keuntungan lebih (excess profit)
*Equilibrium dalam jangka panjang. Karena masuknya perusahaan-perusahaan baru : (a)kurve permintaan perusahaan menurun dari D ke D’ dan (b) kurve AC dan MC menaik ke AC ‘ dan MC’

3.Pasar Monopsoni
Pasar monopsoni adalah pasar yang dikuasai oleh seorang pembeli untuk suatu jenis barang dan jasa,dan juga bersifat mendunia. Output yang dihasilkan tidak mempunyai substitusi.
                                                                           koperasi dalam monopsoni


kelangsungan hidup koperasi jangka panjang pada dasar persaingan monopsoni

4.Pasar Oligopoli
q  Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada
           beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar
q  Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga
Gambar 9.1
Untuk menghindari perang harga, perusahaan akan mengadakan product defferentiation dan memperluas
pasar dengan cara melakukan kegiatan advertensi,  membedakan mutu dan bentuk produk 
koperasi dengan biaya tinggi dalam suatu pasar oligopoli



koperasi dengan kemampuan sama di pasar oligopoli
Penawaran Harga yang bersifat Predator
Price Leadership :
  - Price Leadership oleh Perusahaan dengan BiayaTerendah
  
 price leadership oleh perusahaan dominan

rintangan - rintangan memasuki pasar:
skala ekonomis sebagai rintangan untuk memasuki pasar oligopoli

referensi :
http://myunanto.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/17454/Modul 9 Struktur Pasar Persaingan Sempurna.pdf
myunanto.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/17456/Modul 11 Struktur Pasar Persaingan Monopolistis.pdf
 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar