Assalamualaikum wr.wb

Selasa, 26 November 2013

Contoh Koperasi Nyata



PRIMER KOPERASI KARTIKA
         CAKTI RING KARYA 

1.       Pendahuluan
Primkopad kartika cakti Ring Karya merupakan suatu badan ekstra structural  yang berada dibawah pembinaan komandan resimen Zeni Konstruksi Ditziad yang bertugas pokok membantu komandan satuan meningkatkan kesejahteraan anggota beserta keluarganya secara terus menerus dan ini sesuai dengan fungsi koperasi sebagaimana diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Primkop Kartika Cakti Ring Karya dan Undang - undang perkoperasian nomor 25 tahun 1992

Secara umum pelaksanaan program kerja tahun 2012 telah dapat dilaksanakan dengan tertib dan lancar , adapun hambatan hambatan yang terjadi masih dapat diatasi tanpa mengganggu pelaksanaan program yang sudah dibuat , sehingga dalam menyajikan laporan pertanggungjawaban  ini pengurus secara maksimal berupaya untuk dapat menyajikan sesuai dengan kenyataan yang sudah dicapai dalam pelaksanaan program kerja tahun 2012.
Sebagai bahan pertanggungjawaban pengurus pada rapat anggota tahunan ke -17 Primkop Kartika Cakti Ring Karya , perlu disusun realisasi laporan pelaksanaan program kerja dan anggaran pendapatan dan belanja Tahun 2012 yang meliputi bidang organisasi, usaha dan jasa serta bidang perbendaharaan.

        2.       Maksud  dan Tujuan
        Maksud laporan ini disusun untuk memberikan gambaran dan penjelasan tentang kegiatan meliputi  , organisasi, usaha dan jasa maupun perbendaharaan yang telah dilaksanakan sesuai dengan program kerja dan anggaran pendapatan dan belanja tutup buku tahun 2012
Tujuan sebagai bahan evaluasi dan pertanggungjawaban pengurus pada rapat anggota tahunan ke -17 primkop kartika cacti ring karya dan menentukan langkah lebih lanjut dan upaya peningkatan pelayanan untuk kesejahteraan anggota pada program kerja tahun 23013 yang akan datang.

       3.       Bidang personal dan kepengurusan
a.       Pembina                      : 1. Danmenzikon Ditziad
         2. Kasmenzikon Ditziad
            b.    Pembina Harian          : Kasi Pers Menzikon
c.     Pengurus                    :
1)  ketua                              : Lettu Czi Suprapto
2) Umikkop                        : Pelda Harun
3) Sekertaris                       : Sertu Wendhi Satria K
4) Ur Ben                             : Serma Edi Purnomo
5) Ur Usaha                        : Serma Samidi
6) Unit Usipa                      : Serma Edi Purnomo
7) Unit Toko                       : Serda Sukiman
                                             Koptu Sarjudin

d. Badan Pemeriksa

1)      Ketua                    :  Mayor Czi Suwargi
2)      Anggota               : Kapten Czi M. Oki Isnaini
3)      Anggota               : Peltu Ali mkansyur
e.  Keanggotaan
jumlah anggota s/d 31 desember 2012  sebanyak      :
1)      Militer
a)      perwira menengah                 : 4   orang
b)      perwira pertama                    : 3   orang
c)       bintara                                   : 37 orang
d)      tamtama                                 : 45 orang
e)      umum                                    :   1 orang
jumlah                                    : 90 orang
2)      keluarga militer
a)      istri                                 : 76 orang
b)      anak                               : 152 orang
jumlah                             : 228 orang
  1. Bidang Perbendaharaan
·         Melaksanakan administrasi pembukuan menurut ketentuan dan prosedur yang berlaku dalam sistem/petunjuk akuntansi yang diberikan puskop wirausaha dari suku dinas koperasi dan UKM
·         Melaksanakan perbendaharaan dalam rangka mendapatkan sumber data tentang maju mundurnya suatu usaha dengan bekerja sama dengan koperasi lainnya.
·         Melaksanakan pengawasan /pengendaian administrasi dan keuangan dengan pembuatan laporan perkembangan primkop kartika cakti ring karya seiap triwulan kepada puskop kartika wira usaha, sudin koperasiUMKM dan perdagangan jaktim dan pembina 

      5.       Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan :
Secara umum program kerja primkop kartika cakti ring karya tahun 2012 dapat berjalan dengan lancar dan tertib sesuai dengan program kerja dan rencana anggaran pendapatan belanja tahun 2011 yang sudah disusun.
Neraca primkop kartika cakti ring karya pada 31 desember 2012 mencapai Rp 525.253.909,00 sedangkan pendapatan kotor Rp 81.535.996,00 dan SHU bersih sebesar Rp58.180.604,00 atau mengalami kenaikan sebesar 21,07% dari tahun sebelumnya.
Saran :
Diharapkan peran serta seluruh anggota beserta keluarga dalam mewujudkan peningkatan usaha primkop Kartika cakti ring klarya baik usaha toko, simpan pinjam serta usaha yang lainnya sehingga peran dan fungsi primkop dapat dapat lebih ditingkatkan

Sumber :
Laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas Primkop Kartika Cakti Ring Karya Tutup Buku Tahun2012





                                                     

Rabu, 13 November 2013

BAB XI Peranan Koperasi


Bab XI
Peranan Koperasi
Peranan Koperasi dalam berbagai bentuk pasar  berdasarkan sifat dan bentuknya, pasar diklasifikasikan menjadi 2 macam   :
1. Pasar dengan persaingan sempurna (perfect competitive market).
2. Pasar dengan persaingan tak sempurna (imperfect competitive market) , yaitu :Monopoli, Persaingan Monopolistik (monopolistik competition), dan Oligopoli 

1.Pasar Persaingan Sempurna
    Pasar persaingan sempurna merupakan struktur pasar yang paling ideal karena dianggap sistem pasar ini adalah struktur pasar yang akan menjamin terwujudnya kegiatan memproduksi barag atau jasa yang tinggi (optimal)efisiensiya. Pasar persaingan semurna dapat didefinisikan sebagai struktur pasar atau industri terdapat banyak penjual dan pembeli.
Ciri –ciri pasar persaingan sempurna :
a.  Setiap perusahaan adalah “pengambil harga”
b. Setiap perusahaan mudah keluar atau masuk
c.  Setiap perusahaan menghasilkan barang yang sama
d. Banyak perusahaan dalam pasar
e. Pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna tentang keadaan dipasar
Beberapa kelemahan/keburukan persaingan sempurna yaitu :
·               Persaingan sempurna tidak mendorong inovasi
·               Persaingan sempurna adakalanya menimbulkan biaya sosial
·               Membatasi pilihan konsumen
·               Biaya produksi dalam persaingan sempurna mungkin lebih tinggi
·               Distribusi pendapatan tidak selalu merata
Permintaan dan Hasil Jualan :
Dalam menganalisis usaha sesuatu perusahaan untuk memaksimumkan keuntungan , dua hal harus diperhatikan :
·   Biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan
·   Hasil penjualan dari barang yang dihasilkan perusahaan itu

2.Pasar Monopolistik
Persaingan monopolistik terdapat bila dalam suatu pasar ada banyak produsen,tetapi ada unsur-unsur deferensiasi produk (perbedaan , merek, bungkus,dsb)diantara produk-produk yang dihasilkan oleh masing-masing produsen.
Ciri-ciri Pasar Monopolistik :
a.      terdapat banyak perusahaan didalam pasar maka pasar persaingan monopolistis mempunyai ukuran yang relatif sama.
b.     Barang produksinya bersifat berbeda corak
c.      Perusahaan mempunyai sedikit kekuatan dalam menentukan dan mempengaruhi harga.
d.     Pemasukkan kedalam industri relatuf mudah.
Keseimbangan Monopolistis :
a.        Kurve permintaan menurun
b.        Posisi keseimbangan bila MR= MC
c.        Karena bebas memperoleh keutungan,maka dalam jangka panjang kurve permintaan D bersinggug dengan kurve average cost (AC)
*Equilibrium perusahan dalam jangka pendek dengan keuntungan lebih (excess profit)
*Equilibrium dalam jangka panjang. Karena masuknya perusahaan-perusahaan baru : (a)kurve permintaan perusahaan menurun dari D ke D’ dan (b) kurve AC dan MC menaik ke AC ‘ dan MC’

3.Pasar Monopsoni
Pasar monopsoni adalah pasar yang dikuasai oleh seorang pembeli untuk suatu jenis barang dan jasa,dan juga bersifat mendunia. Output yang dihasilkan tidak mempunyai substitusi.
                                                                           koperasi dalam monopsoni


kelangsungan hidup koperasi jangka panjang pada dasar persaingan monopsoni

4.Pasar Oligopoli
q  Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada
           beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar
q  Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga
Gambar 9.1
Untuk menghindari perang harga, perusahaan akan mengadakan product defferentiation dan memperluas
pasar dengan cara melakukan kegiatan advertensi,  membedakan mutu dan bentuk produk 
koperasi dengan biaya tinggi dalam suatu pasar oligopoli



koperasi dengan kemampuan sama di pasar oligopoli
Penawaran Harga yang bersifat Predator
Price Leadership :
  - Price Leadership oleh Perusahaan dengan BiayaTerendah
  
 price leadership oleh perusahaan dominan

rintangan - rintangan memasuki pasar:
skala ekonomis sebagai rintangan untuk memasuki pasar oligopoli

referensi :
http://myunanto.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/17454/Modul 9 Struktur Pasar Persaingan Sempurna.pdf
myunanto.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/17456/Modul 11 Struktur Pasar Persaingan Monopolistis.pdf